DEFINISI WEBSITE
Halaman - halaman dari website dapat diakses melalui sebuah
URL yang biasanya disebut Homepage. URL ini mengatur halaman situs untuk
menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink - hyperlink yang ada di halaman
tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan
bagaimana arus informasi ini berjalan. Beberapa website membutuhkan subskripsi
( data masukan ) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi
website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs - situs bisnis, situs - situs
e-mail gratis, yang membutuhkan subkripsi agar kita dapat mengakses situs
tersebut.
SEJARAH WEBSITE
Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John, Tim
Berners-Lee. Pada tahun 1991 website terhubung dengan jaringan.Tujuan dari
dibuatnya website pada saat itu yaitu untuk mempermudah tukar menukar dan
memperbaharui informasi kepada sesama peneliti di tempat mereka bekerja. Dengan
demikian pengertian website saat itu masih sebatas tukar menukar informasi,
bukan pengertian website secara terminologi.
Website dipublikasikan ke publik setelah adanya pengumuman
dari CERN pada tanggal 30 april 1993. CERN menyatakan bahwa website dapat
digunakan secara gratis oleh semua orang. Pada saat ini pengertian website
sudah masuk ke dalam ranah publik karena sudah bisa digunakan oleh semua orang
dimanapun dan kapanpun.
Pada bulan September 1994, “Tim” mendirikan World Wide Web
Consortium (W3C) yang merupakan organisasi internasional utama yang mengurus
tentang standar dari website yang ada sekarang.
PERKEMBANGAN WEBSITE
Seiring
berjalannya waktu website terus berkembang dari waktu ke waktu mulai dari
kegunaan dan cara kerjanya. Berikut adalah perkembangan website dari periode
pertama sama sekarang :.
Pre web adalah dimana sebelum munculnya web
1.0, berikut ini contoh dari pre-web:
- The memex (sebuah singkatan dari “memori” dan “index”) adalah nama hipotetis proto-hypertext sistem yang Vannevar Bush jelaskan pada tahun 1945 pada artikel bulanan The Atlantic ” As We May Think “(AWMT). Bush membayangkan memex sebagai perangkat di mana individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan komunikasi, “mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi kecepatan dan fleksibilitas.” The memex akan memberikan “suplemen intim yang diperbesar ke memori seseorang”. Konsep memex mempengaruhi perkembangan awal hypertext sistem (akhirnya mengarah ke penciptaan World Wide Web ) dan basis pengetahuan personal software.
- Usenet (User Network) Sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama. Di dalamnya ditampilkan berbagai atikel yang disebut News dalam berbagai topik dan kategori.
- Gopher merupakan TCP / IP Application layer protokol yang didesain fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protocol Gopher melalui internet.
- File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.
WEB 1.0
Web 1.0 adalah merupakan teknologi web yang pertama kali
digunakan dalam aplikasi world wide web, atau ada yang menyebut web 1.0.
sebagai www itu sendiri yang banyak digunakan dalam situs web yang bersifat
personal. Beberapa ciri atau karakteristik web 1.0. adalah:
- Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan.
- Halaman masih didesain sebagai html murni, yang hanya memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi
- Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens
- Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi biasanya baru satu arah.
WEB 2.0
Web 2.0 muncul sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para
pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan
lainnya. Kelebihan dari web ini adalah sebagai berikut :
- The Web as Platform (Pengerjaan suatu aplikasi/tulisan dapat langsung dikerjakan di media internet tanpa harus mengerjakannya terlebih dahulu di windows desktop)
- Harnessing Collective Intelligence (Web 2.0 memiliki kinerja untuk memanfaatkan tulisan orang lain untuk mengisi konten web secara kolektif (tidak hanya webmaster yang mengisi konten sendiri), contohnya seperti youtube)
- Data is the Next Intel Inside (merupakan suatu garansi kepercayaan dari para pemberi data kepada pemilik website bahwa pada era web 2.0 data sangatlah penting dan harus di update setiap waktu)
- End of the Software Release Cycle (pada web 2.0 aplikasi software dapat langsung digunakan lewat internet/internet menjadi platform menjalankan program)
- Lightweight Programming Models (pembuatan web 2.0 menggunakan bahasa yang ringan dan mendukung pengembagan program)
WEB 3.0
Web ini diperkirakan akan berkembang pada tahun 2010 dan
saat ini masih dalam tahap pengembangan. Karakteristik dari web 3.0 adalah :
- Semantic Web (web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membacanya sehingga informasi dapat disajikan dengan cepat dan tepat)
- The 3D Web (web dengan kemampuan visual 3D dan interaksi secara realtime)
- The Media-Centric Web (Photo, audio, dan video akan menjadi cara lain untuk mencari informasi yang kita inginkan selain keyword)
- The Pervasive Web (Web yang mudah diakses dengan berbagai cara dan alat berbeda kapan saja dan dimana saja)
JENIS JENIS WEBSITE
Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui
jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan
jaringan internet. Website merupakan komponent atau kumpulan komponen yang
terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga lebih merupakan media
informasi yang menarik untuk dikunjungi. Secara garis besar, website
digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:
- Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.
- Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.
- Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.
UNSUR UNSUR WEBSITE
Alamat unik di dalam dunia maya (internet) yang berguna
untuk menemukan sebuah website. Umumnya URL ini di perjualbelikan dengan sistem
sewa tahunan. Dan biasanya di belakang URL ini mepunyai akhiran sesuai dengan
lokasi dan kepentingan atas di buatnya website tersebut. Contohnya: .co.id
- Web Hosting
Web Hosting merupakan ruangan yang terdapat dalam harddisk
sebagai tempat penyimpanan data, file, video, email, database,dll yang nantinya
akan ditampilkan di dalam website tersebut.
- Bahasa Program (Scripts Program)
Bahasa Program mrupakan bahasa yang digunakan untuk
menterjemahkan setiap perintah pada saat website tersebut sedang
dijalankan.contoh dari bahasa program, yakni HTML, PHP, Java Script, XML, JSP,
dll
- Desain Website
Pendesainan website merupakan hal yang penting. Faktor
userfriendly harus diterapkan dalam pembuatan desain sebuah website. Membuat
pemakai website merasa nyaman dan mudah dalam penggunaannya membuat pemakai
website akan terus mengunjunginya.
- Program Transfer Data ke Pusat Data
FTP (File Transfer Protocol) merupakan akses yang diberikan
pada saat kit memesan web hosting, FTP berguna untuk memindahkan file-file
website yang ada pada komputer kita ke pusat web hosting agar dapat terakses ke
seluruh dunia.
MANFAAT WEBSITE
Sebagai media promosi dapat dibedakan menjadi media promosi
utama, misalnya website yang berfungsi sebagai search engine atau toko Online,
atau sebagai penunjang promosi utama, namun website dapat berisi informasi yang
lebih lengkap daripada media promosi offline seperti koran atau majalah.
Pada toko online atau system afiliasi, website merupakan
media pemasaran yang cukup baik, karena dibandingkan dengan toko sebagaimana di
dunia nyata, untuk membangun toko online diperlukan modal yangr relatif lebih
kecil, dan dapat beroperasi 24 jam walaupun pemilik website tersebut sedang
istirahat atau sedang tidak ditempat, serta dapat diakses darimana saja.
Website portal dan radio atau tv online menyediakan
informasi yang bersifat global karena dapat diakses dari mana saja selama dapat
terhubung ke internet, sehingga dapat menjangkau lebih luas daripada media
informasi konvensional seperti koran, majalah, radio atau televisi yang
bersifat lokal.
Ada komunitas yang membangun website khusus berisi informasi
atau artikel yang sarat dengan informasi ilmiah misalnya wikipedia.
Sekarang banyak terdapat website yang dibangun khusus untuk
berkomunikasi seperti forum yang dapat memberikan fasilitas fasilitas bagi para
anggotanya untuk saling berbagi informasi atau membantu pemecahan masalah
tertentu.
APLIKASI INTERNET BERBASIS WEB
- E-Learning
Suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan
teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Dengan website e-learning
proses belajar mengajar tidak
harus dalam ruangan kelas . Sudah banyak sekarang sekolah
sekolah yang
menerapkan e-learning ini .
- E-Commerce/E-Business
Suatu proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan
informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan
komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Sekarang dalam
berbisnis tidak harus menyewa
tanah dan toko . Keunggulan dari e - commerce ini adalah
pasar yang lebih luas hingga mencapai seluruh pelosok yang terkoneksi internet.
- E-Banking
E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking
ini adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui
internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan.
- E-Government
Penyalenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik.
- E-News
Berita atau informasi yang dikemas secara menarik dan
disampaikan melalui media ekeltronik secara online, yang biasanya ditampilkan
oleh komputer yang terhubung dengan internet / ditampilkan oleh browser yang
terhubung dengan sebuah server.
METODOLOGI
Metodologi diartikan sebagai
ilmu-ilmu atau cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan
penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung
dari realitas yang sedang dikaji.
Metodologi juga dapat diartikan
sebagai cara-cara yang digunakan oleh seseorang secara rutin dalam
menyelesaikan suatu pekerjaan. Kata metodologi banyak digunakan dalam manajemen
proyek. Karena kesuksesan proyek juga ditentukan oleh pemilihan metodologi yang
akan digunakan dalam proyek itu. Demikian juga dalam proyek pengembangan
aplikasi website. Berikut adalah metodologi yang sering di gunakan dalam
membangun sebuah website :
- Fase requirement atau penelusuran kebutuhan, pada fase ini kita mencari tau apa yang sebenarnya dibutuhkan, tujuan dari suatu proyek pengembangan aplikasi, dan seperti apa hasil yang diinginkan.
- Fase penentuan feature dan fungsi, pada tahapan ini berdasarkan hasil penelusuran kebutuhan dari aplikasi untuk menentukan feature dan fungsi apa saja yang akan dibuat untuk memenuhi kebutuhan. Feature dibagi menjadi feature utama atau bagian besar terlebih dahulu baru kemudian didefenisikan menjadi bagian yang lebih kecil. Misalnya pada aplikasi CMS salah satu feature utama adalah blog, kemudian feature blog didefenisikan seperti feature tagging, category, comment, dsb. Pada tahapan ini yang perlu diperhatikan adalah apakah daftar feature dan fungsi yang dibuat telah memenuhi kebutuhan yang diinginkan.
- Fase pengumpulan data, konten, gambar, dan file lain yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi. Berdasarkan daftar feature dan fungsi yang akan dikembangkan maka saya akan mengumpulkan data-data dan file yang diperlukan untuk feature dan fungsi tersebut.
- Fase analisa dan perancangan, tahap menganalisa data yang telah dikumpulkan pada tahapan sebelumnya dan menuangkan hasil analisa kedalam sebuah rancangan. Misalnya berdasarkan feature yang ada merancang tabel database yang dibutuhkan oleh tiap feature. Berdasarkan konten dan data yang melakukan perancangan tampilan aplikasi. Selain itu juga menyusun struktur aplikasi seperti menu, sitemap, dsb.
- Fase coding, pada tahapan ini saya memulai menulis kode program. Biasanya dimulai dengan mengubah template dari file image Firework ke html. Setelah itu membuat kerangka aplikasi seperti struktur folder dan file dan memulai pengembangan fungsi untuk tiap feature.
- Fase setup and testing, tahap melakukan setup di server di mana aplikasi web nanti akan akan dijalankan. Tentu setelah melakukan testing di komputer lokal terlebih dahulu dan memastikan bahwa semua fungsi berjalan baik. Pada server juga akan dilakukan testing untuk memastikan aplikasi dapat berjalan baik pada servertersebut. Pada tahapan ini juga akan dilakukan beta test di mana beberapa orang akan mencoba menggunakan aplikasi dan memberikan komentar atau feedback terkait dengan fungsi aplikasi.
- Fase launching, pada fase ini setelah dipastikan aplikasi berjalan baik pada server maka kita akan melakukan sosialisasi baik di dunia nyata atau maya. Beberapa di antaranya adalah melakukan posting di forum, aplikasi social network seperti facebook, membuatposting di blog, dan sosialisasi lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar